Rabu, 30 Mei 2018

Berbuat Kebaikan di Bulan yang Terbaik


Bulan Ramadhan, memang sangat ditunggu-tunggu. Terutama oleh umat Muslim. Melakukan kebaikan adalah tujuan utamanya selain beribadah. Tak terkecuali saya, ingin melakukan yang terbaik di bulan suci ini. Setiap orang mempunyai takdir dan nasibnya masing-masing yang sudah gariskan. Pilihan yang sudah dipilih memang menjadi takdirnya dan harus siap menjalaninya. Hablum minnannas, saling melakukan kebaikan antar manusia di dunia, sangat disukai Allah. Pahala yang berlipat siap menunggu, apalagi di Bulan Ramadhan.


Terkadang, hati ini suka malu karena kurang bersyukur dengan apa yang sudah di dapat. Menginginkan lebih dan lebih lagi alias selalu melihat ke atas. Tak terbersit melihat ke bawah, melihat orang-orang yang kurang beruntung. Melihat, orang-orang jalanan yang tidak mempunyai tempat tinggal, anak yatim yang ditinggal orang tuanya sehingga harus mengamen dan mengemis. Orang-orang tua yang ditinggal anaknya di panti.

Jelang sore itu, melihat sebuah keramaian anak-anak dengan baju muslim bersih dan rapi di sebuah tempat makan khas Jepang yang sangat ternama, HokBen. Senyum lebar yang tersungging di wajah-wajah ceria mereka begitu lepas seakan tidak ada masalah berat dalam hidupnya. Kuputuskan untuk mendekati keramaian itu dan bertanya ke salah satu staf Hokben.


Ternyata, di Hokben sedang ada acara Buka Bersama 3.300 anak Yatim dan Dhuafa di seluruh cabang Hokben Jawa dan Bali. Saya pun di ajak panitia untuk ikut di acara ini. Tanpa berpikir panjang, dengan senang hati menyetujuinya. Melihat senyum di wajah-wajah anak-anak ini, ada kesejukkan tersendiri sampai terbawa ke hati. Mereka begitu senang dan gembira mengikuti acara ini.



Acaranya sendiri diadakan di lantai dua gerai HokBen, dengan hiasan balon-balon dan pernak-pernik yang disukai banyak anak-anak yang hadir. Ternyata orang-orang penting dari Hokben ikut hadir dalam acara ini. Salah satunya Ibu Francisca Lucky, Marketing Coommunications Group Head PT. Eka Bogainti (HokBen), ketika saya bertanya ke panitia dari Hokben.


Ibu Francisca dengan kacamata yang khas ini kemudian berbicara, memaparkan, dan berujar, Hokben melakukan kegiatan Buka Puasa ini merupakan bagian dari CSR perusahaan yang sudah dilakukan sejak tahun 2001. Program CSR yang mengusung dua pilar utama, yaitu Hokben Cinta Pendidikan dan Hokben Berbagi dengan Sesama. Hokben sangat memperhatikan yang namanya pendidikan karena bisa mengubah kehidupan seseorang menjadi lebih baik dari sebelumnya. Sedangkan berbagi dengan sesama mengajak semua manusia yang ada di bumi untuk terus Share to Love, berbagilah dengan sesama karena hidup saling berbagi.


Buka Puasa yang mengajak 3.300 anak yatim dan dhuafa ini terbagi ke semua cabang Hokben diseluruh Jawa dan Bali. Tidak tanggung-tanggung, Hokben bekerja sama dengan 38 panti asuhan se-Jawa dan Bali. Next planningnya, Hokben akan menjangkau lebih besar lagi seperti kaum dhuafa  yang tinggal di sekitar gerai Hokben Jawa dan Bali.

Wajah gembira dengan senyum lepas dari anak-anak ini, terlihat dari kegiatan buka bersama dengan dikemas menyenangkan melalui games menarik, untuk sejenak melupakan penat. Ditambah lagi dengan siraman rohani dari Pak ustadz, menambah segarnya batin di bulan yang baik ini.

Adzan magrib pun tiba. Berbuka pun disegerakan sesuai sunnahnya. Panitia yang sedari tadi sudah menyiapkan takjil dan makan malam berupa menu-menu Hokben. Kali ini Hokben menyiapkan menu special khusus Bulan Ramadhan. Ada enam pilihan menu paket yang terdiri dari Bento Ramadan 1 (Nasi, Salad, Chicken Teriyaki, 2 pcs Egg Chicken Roll, Teh Botol Sosro 250 ml, dan Takjil) dan Bento Ramadan 2 (Nasi, Salad, Chicken Teriyaki, 2 pcs Shrimp Roll, Teh Botol Sosro 250 ml, dan Takjil). Lalu ada empat menu Bento Ramadan ABCD.
  1. Bento Ramadan A: Nasi, Salad, Beef Yakiniku, 1 pc Tori Ball, 2 pcs Shrimp Roll, Teh Botol Sosro 250 ml, dan Takjil
  2. Bento Ramadan B: Nasi, Salad, 1 pcs Chicken Steak, Teh Botol Sosro 250 ml, dan Takjil
  3. Bento Ramadan C: Nasi, Salad, Beef Yakiniku manis, 1 pc Tori Ball, 2 pcs Shrimp Roll, Teh Botol Sosro 250 ml, dan Takjil
  4. Bento Ramadan D: Nasi, Salad, 1 pcs Chicken Katsu, Teh Botol Sosro 250 ml, dan Takjil





Dengan mata yang berbinar-binar, anak-anak menyantap menu paket Hokben sesuai pilihannya dengan senang hati. Ah, senangnya melihat mereka bahagia. Merasa lebih bersyukur dalam hidup. Terima kasih, sudah membahagiakan mereka, Hokben. Terima kasih, sudah berbuat kebaikan di bulan yang baik ini.

Bagikan

Jangan lewatkan

Berbuat Kebaikan di Bulan yang Terbaik
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.