Minggu, 27 Mei 2018

6 Hal Seru yang Bisa Kamu Lakukan di Pantai Parangtritis dan Tipsnya

Pantai Parangtritis merupakan pantai yang paling terkenal di Yogyakarta. Selain karena mitos dari pantai itu yang melegenda, pantai tersebut juga sangat terkenal di kalangan wisatawan mancanegara. Hal ini karena lokasi dari Pantai Parangtritis yang tidak terlalu jauh dari kota atau cukup strategis sehingga banyak menjadi tujuan traveler ketika berlibur.


Lokasi Pantai Parangtritis
Pantai ini terletak 27 Km setelah Yogjakarta, dengan jarak tempuh sekitar 1 jam Anda sudah bisa sampai di Pantai yang indah ini. Pantai Parangtritis memiliki pemandangan alam yang sangat indah dan unik yang tidak dapat Anda temui di tempat lain, yaitu gumuk pasir atau gunung-gunung pasir kecil yang terdapat di sekitar pantai.
Keunikan berupa gumuk ini merupakan satu-satunya gumuk pasir yang ada di Asia Tenggara. Sehingga Anda akan serasa seperti berada di Afrika ketika berada di Pantai Parangtritis karena Anda dikelilingi oleh lautan pasir yang sangat luas serta udara yang panas, lebih panas dari wilayah sekitarnya.

Mitos Pantai Parangtritis
Pantai ini sangat kental dengan ceriya Nyi Roro Kidul yang merupakan penguasa di laut selatan. Pantai ini dipercaya oleh masyarakat sebagai pintu masuk untuk sampai di Singgahsana sang Ratu Selatan. Berawal dari kepercayaan tersebut muncullah cerita-cerita mistis dan mitos yang beragam.

Salah satu Contoh mitos yang telah tersebar luas dikalangan masyarakat adalah ketika hendak berkunjung ke pantai itu, wisatawan tidak diperkenankan untuk memakai pakaian warna hijau karena Nyi Roro Kidul menyukai warna tersebut sehingga nantinya akan berdampak tidak baik terhadap wisaawan yang memakai pakaian warna hijau tersebut.
Selain tidak bisa lepas dari kisah Nyi Roro Kidul sang Ratu Pantai Selatan, pantai ini juga merupakan bagian penting bagi Kesultanan Yogyakarta, karena sebuah sumbu imaginer menghubungkan Kraton Yogyakarta, Pantai Parangtritis, Gunung Merapi hingga Tugu Jogya. Sehingga setiap memasuki bulan suro, diadakan upacara labuhan oleh keluarga besar Kesultanan Yogyakarta untuk menjaga keselamatan bersama. Serta tempat ini juga dijadikan sebagai tempat pelaksanaan upacara Malesti ketika menjelang Hari Raya Nyepi oleh masyarakat Hindu di Yogyakarta.

Akses Ke Pantai Parangtritis
Pantai ini terletak di Desa Parangtritis, tepatnya Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, dengan jarak sekitar 27 km dari Yogyakarta. Jika dengan menggunakan kendaraan pribadi, Anda hanya memerlukan waktu sekitar 30-40 menit untuk sampai di pantai parangtritis jika Anda telah sampai di Yogyakarta.

Selain menggunakan kendaraan pribadi pantai ini juga bisa diakses dengan menggunakan transportasi umum. Yaitu dengan menggunakan bus arah Jogya-Parangtritis yang berangkat dari Terminal Pojok Banten Kulon (Jl. Parangtritis) atau Terminal Giwangan. Namun perlu diketahui bus mini ini hanya beroperasi sampai jam 17.00 WIB, jadi Anda harus sampai sebelum jam 5 sore jika Anda memiliki niat untuk menggunakan angkutan umum.

Ketimbang menggunakan kendaraan umum, lebih baik anda menggunakan kendaraan pribadi. Kalau tak bawa kendaraan pribadi, lebih baik rental mobil jogja saja. Anda bisa rental di Omocars Jogja.

Kegiatan Seru Yang Bisa Dilakukan Di Pantai Parangtritis
1.    Melihat Matahari Terbenam
Di pantai ini Anda dapat menyaksikan keindahan sunset yang nampak jelas dari Pantai Parangtritis. Anda cukup duduk di pinggir pantai untuk dapat melihat perpaduan warna perak, keemasan, jingga, merah muda hingga sepang yang terlihat di atas awan itu. Waktu terbaik untuk menyaksikan senja terbaik di Pantai Parangtritis adalah ketika bulan Juni-Agustus setiap tahunnya.

2.    Bermain Layang-layang
Di Pantai Parangtritis banyak penjual layang-layang yang berkeliaran sekitar pantai, sehingga sangat cocok untuk jika Anda mengajak anak atau adik Anda ke pantai ini. Anda dapat fokus menikmati keindahan pantai sambil menyaksikan anak atau adik Anda bermain layang-layangnya yang terbawa angin kencang laut.

3.    Berkuda
Anda dapat berkuda di Pantai Parangtritis dengan menyewa di tempat penyewaan yang telah tersedia disana. Anda akan akan merasakan sensasi yang luar biasa karena dapat berkuda di pinggir pantai dengan ditemani oleh deburan ombak yang menyapa serta paparan sinar matahari senja yang indah.

4.    Naik Bendi
Bendi berbeda dengan Andong meskipun sama-sama ditarik oleh Kuda agar dapat jalan. Bendi memiliki ukuran yang sedikit lebih kecil dibanding Andong. Anda dapat berkeliling memutari pantai dengan duduk diatas Bendi.

5.    Naik ATV
ATV adalah kendaraan motor dengan roda berjumlah 4 yang mampu berjalan di berbagai medan. Kendaraan ini sangat cocok bagi Anda yang suka untuk memacu adrenalin. Dengan kendaraan ini Anda dapat menaklukan medan yang sulit seperti gundukan pasir dan Anda juga bisa berkendara di dekat bibir pantai.

6.    Surfing
Ombak di Pantai Parangtritis memang tidak seperti ombak yang ada di pantai bali, namun di pantai ini juga kamu bisa melaksanakan surving untuk menyalurkan bakat dan hobi Anda. Pantai Parangtritis memiliki ombak yang cukup besar dan ganas, sehingga akan memberikan kebahagiaan bagi Anda ketika berhasil menaklukan ombak disana. Disana juga terdapat komunitas Dolphin Parangtritis Surf Community (DPSC) yang merupakan komunitas kumpulan para pecinta surfing.

Harga Tiket Masuk
Untuk dapat masuk ke Pantai Parangtritis Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang cukup banyak, karena Anda hanya perlu membeli tiket masuk sebesar Rp.5000,- yang sudah termasuk untuk biaya asiransi jiwa.

Tips Berlibur Ke Pantai Parangtritis
Jika kulit Anda tidak ingin terbakar sinar matahari, jangan lupa memakai sunblock ke pergi pantai mengingat cuaca di Pantai Parangtritis yang panasnya melebihi wilayah lain. selain itu, juga ada beberapa tips lainya:
  1. Ombak di Pantai Parangtritis cukup besar dan ganas, maka bagi Anda yang tidak bisa bereng usahakan tidak usah bermain selencar atau mandi terlalu jauh, cukup di bibir pantai saja.
  2. Sinar matahari di Pantai Parangtritis yang sangat terik akan membuat mata Anda silau. Maka jika Anda hendak berwisata ke Pantai Parangtritis jangan lupa membawa kacamata hitam. Selain itu kacamata hitam juga dapat membuat penampilan Anda terlihat lebih kece.
  3. Jangan lupa memcoba kuliner unik Pantai Parangtritis berupa peyek undur-undur yang dijual disana.
  4. Pantai Parangtritis memiliki wilayah yang sangat luas, bagi Anda yang ingin berkeliling pantai ini dan tidak ingin capek gunakan fasilitas yang tersedia seperti ATV, Bendi, atau Kuda supaya Anda tidak lelah.
  5. Jika ingin mendapatkan pengalaman yang seru dan pemandangan yang indah, datanglah ke Pantai Parangtritis pada saat ada pelaksanaan upacara Labuhan atau upacara Malesti. Kerana pada saat itu Anda akan mendapatkan pemandangan yang lain dari hari-hari biasanya.
Demikian beberapa informasi seputar Pantai Parangtritis  yang dapat saya informasikan. Jangan lupa baca dan ingat-ingat bacaan di atas sebelum Anda berkunjung ke Pantai Parangtritis. Selain sebagai pengetahuan, informasi diatas juga dapat dijadikan sebagai pengingat Anda tentang apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan di Pantai Parangtritis.




Bagikan

Jangan lewatkan

6 Hal Seru yang Bisa Kamu Lakukan di Pantai Parangtritis dan Tipsnya
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.