Minggu, 24 Desember 2017

Asian Para Games 2018, Semangat dan Inspirasi Untuk Kita

Indonesia, tahun depan bersiap akan menggelar event olahraga terbesar di Asia, yaitu Asia Games 2018. Sebuah event olahraga yang mana terjadi banyak pertandingan yang seru dan sportif antar negara di Asia. Setelah event Asia Games 2018 yang berlangsung pada bulan Agustus 2018 akan digelar pula event Asia Para Games 2018 pada tanggal 6-13 Oktober 2018. Tentunya sebagai tuan rumah, Indonesia terus berbenah untuk menerima sekitar 3000 atlet penyandang disabilitas dan ofisial dari 43 negara di Asia anggota dari Asian Paralympic. Ada sekitar 18 cabang olahraga yang akan dipertandungkan dengan 582 nomor pertandingan. Saat ini sosialisasi tengah dilakukan panitia pada 20 titik di 16 kota di Indonesia dengan format booth di mal-mal besar.


Kota-kota tersebut di antaranya Medan, Palembang, Batam, Jakarta, Tangerang, Bekasi, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Solo, Surabaya, Bali, Makasar, Samarinda, dan Ambon. Tujuan sosialisasi ini adalah menginformasikan kepada masyarakat tentang event Asian Para Games 2018 agar mereka bisa mengapresiasi bahkan menyaksikan secara langsung bagaimana perjuangan para atlet penyandang disabilitas. Aktivitas ini melibatkan perwakilan dari National Paralympic Committee banyak atlet penyandang disabilitas, komunitas, blogger, dan media lainnya, serta pengunjung mal. Salah satunya hari ini tanggal 24 Desember 2017 yang diadakan di Trans Studio Mal. Di TSM sendiri sudah dimulai dari tanggal 22 Desember dan berakhir 24 Desember 2017.

Booth Asian Para Games 2018 Trans Studio Mal Bandung
Booth Asian Para Games 2018 Trans Studio Mal Bandung


Slogan AsianPara Games 2018 berbunyi “The Inspiring Spirit dan Energy of Asia dengan membawa misi, yaitu determination, courage, equality, dan inspiration. Misi-misi ini memiliki maksud untuk memperlihatkan tekad yang kuat dan kepercayaan diri para atlet dalam menghadapi segala tantangan, baik fisik atau mental. Hal inilah yang bisa kita jadikan anutan sebagai semangat dan inspirasi diri pribadi. Ajang olahraga terbesar di Asia ini juga mempunyai maksud untuk melakukan kesetaraan dalam kehidupan bermasyarakat, karena para atlet penyandang disabilitas ini bisa dijadikan sebagai sumber inspirasi dan motivasi hidup.

Atlet penyandang disabilitas (foto: berbagai sumber)
Untuk maskotnya sendiri, Asian Para Games 2018 terinspirasi dari hewan Elang Bondol yang kemudian dinamakan Momo kependekan dari Motivation and Mobilty. Oh iya sebagai informasi, Indonesia adalah negara Asia Tenggara pertama yang terpilih menyelenggarakan Asia Para Games 2018. Hal ini bisa dijadikan momentum bahwa Indonesia adalah salah satu negara Asia yang ramah disabilitas. Indonesia memiliki kesempatan untuk membuktikan sebagai Negara yang mewujudkan kesamaan hak dan kesempatan bagi penyandang disabilitas agar bisa hidup mandiri dan sejahtera tanpa diskriminasi lagi agar bisa maju dan berkembang.

Maskot Momo
Asian Para Games 2018 juga membutuhkan banyak volunteer untuk menyambut para atlet-atlet Asia. Ada sekitar 4000an volunteer yang dibutuhkan. Untuk itu, jika kamu berumur minimal 23 tahun dan bisa dasar bahasa Inggris, segera mendaftarkan diri.

Ayo mendaftar jadi volunteer
Ayo dukung Asian Para Games 2018. Semangat dan jayalah selalu Indonesia!

Bagikan

Jangan lewatkan

Asian Para Games 2018, Semangat dan Inspirasi Untuk Kita
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.