Senin, 18 September 2017

Pantau Bencana Sekitar Anda, Gunakan Aplikasi MAGMA Indonesia

Kita pastinya tahu, kalau negara tercinta ini, merupakan kepulauan yang terdapat gunung-gunung api yang aktif. Ada sekitar 127 Gunung Api aktif yang merupakan terbanyak di dunia. Tidak heran, tanah-tanah yang ada pun menjadi subur karenanya. Tapi karena inilah pula, Indonesia menjadi negara yang rawan bencana alam, seperti gempa bumi, gunung meletus atau tsunami. Indonesia terletak di antara 3 lempeng tektonik utama dunia yang dikenal dengan sebutan Pasific Ring of Fire. Potensi untuk terjadinya gempa bumi dan tsunami cukup besar serta tanah longsor.

Zaman sekarang ini, teknologi sudah semakin canggih. Informasi yang ada pun semakin cepat tersebar. Apapun yang menjadi informasi yang dari tidak penting sampai yang penting cepat tersampaikan. Tapi ada beberapa informasi palsu atau dikenal dengan hoax, yang bisa menjadi permasalahan. Salah satunya hoax tentang informasi bencana alam. Seperti diketahui, beberapa waktu yang lalu, ada info hoax tentang akan terjadinya gempa bumi yang besar disertai tsunami seperti di Aceh, akan terjadi di Jakarta. Tentu hal ini menjadi ketakutan tersendiri, bagi masyarakat yang tinggal di Jakarta. 

Karena itulah, Badan Geologi (Kementerian ESDM) lewat Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi mengembangkan sebuah aplikasi informasi bencana alam yang menggunakan sistem aplikasi multi platform (Web & mobile) pertama di dunia. Aplikasi ini berisikan informasi dan rekomendasi kebencanaan geologi di Indonesia yang terintegrasi disajikan secara realtime dan interaktif. Aplikasi ini setidaknya bisa mengatasi permasalahan seperti:
  • Besar kecilnya bahaya Geologi yang tidak dapat dipastikan
  • Kerugian akibat bencana alam
  • Menangkal informasi hoax tentang bencana alam
  • Informasi tentang kawasan rawan bencana
  • Aplikasi yang dapat diakses kapan saja untuk mengetahui keadaan atau status sebuah bencana alam, misalnya gunung api yang sedang meletus.

Aplikasi ini diberi nama MAGMA Indonesia. MAGMA sendiri merupakan kependekan dari Multiplatform Application for Geoharzard Mitigation and Assessment. Aplikasi ini asli buatan orang Indonesia yang timnya terdiri dari 100 % tenaga PNS di Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG). Walaupun masih baru, aplikasi MAGMA Indonesia  ini sudah meraih beberapa prestasi. Di antaranya peringkat satu Innovation Award tingkat Kementerian ESDM, tahun 2017 termasuk 40 terbaik dalam hal inovasi pelayanan publik 2014-2017. Aplikasi Magma Indonesia kemudian akan mengikuti Inovasi Pelayanan Publik Internasional bulan November 2017 di Paris.

Tampilan aplikasi MAGMA Indonesia



Sosialisasi MAGMA Indonesia pun secara gencar dilakukan. Salah satunya di kota Bandung pada tanggal 14 September 2017 hari Kamis kemarin, yang bertempat di Audiotorium Museum Geologi Bandung. Sejumlah media dan penggiat komunitas internet seperti blogger diundang untuk menyebarkan informasi kehadiran aplikasi MAGMA Indonesia ini. Aplikasi ini bisa diunduh di Google Playstore. Untuk Anda yang ingin mengaksesnya via situs web bisa di klik di link berikut https://magma.vsi.esdm.go.id.   

Suasana sosialisasi MAGMA Indonesia
Suasana sosialisasi MAGMA Indonesia
Tim Creator MAGMA Indonesia

Bagikan

Jangan lewatkan

Pantau Bencana Sekitar Anda, Gunakan Aplikasi MAGMA Indonesia
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.