Sabtu, 29 April 2017

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), Untuk Masa Depan yang lebih sehat


Pola hidup sehat masih kurang di aplikasikan ke dalam kehidupan bermasyarakat. Padahal hal ini sudah dikampanyekan dari dulu demi menciptakan lingkungan kehidupan yang sehat.  Pola gaya hidup dalam masyakarat pun sangat berperan dalam menyebabkan tercipta pergeseran pola penyakit baru. Penyakit-penyakit baru inilah yang menjadi beban dalam masyakarat untuk bisa hidup sehat. Coba dilihat data berikut. Sekitar 1990-an, penyakit penyebab kematian terbesar adalah penyakit menular seperti Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA), Tuberkulosis (TBC), dan Diare. Tetapi sejak tahun 2010, penyakit tidak menular (PTM) seperti Stroke, Jantung, dan Kencing manis, mendominasi di pelayanan kesehatan.

Karena itulah, Kementrian Kesehatan RI dengan kampanye #GERMAS atau Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, membudayakan pola hidup sehat dalam masyarakat. #GERMAS sendiri merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. GERMAS harus dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian, mulai dari proses pembelajaran hingga menuju kemandirian.

Adapun kegiatan GERMAS antara lain, melakukan aktifitas fisik, mengonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan, dan menggunakan jamban. Tahap awal yang lebih difokus GERMAS secara nasional yaitu pada tiga kegiatan; 1) Melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari, 2) Mengonsumsi buah dan sayur, dan 3) Memeriksakan kesehatan secara rutin minimal 6 bulan sekali sebagai upaya deteksi dini penyakit.

Salah satu cara kampanye GERMAS agar lebih dipopulerkan lagi yaitu dengan diadakan acara temu Blogger Jawa Barat 2017 yang diselenggarakan di Bandung tepatnya di Hotel Savoy Homan Bandung tanggal 21 April 2017 dengan Tema “Wujudkan Indonesia Sehat melalui GERMAS dan Pendekatan Keluarga”. Mengapa harus blogger? Menurut Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kemenkes RI drg. Oscar Primadi, Blogger adalah mitra strategis untuk mempromosikan hal-hal yang berhubungan dengan pembangunan kesehatan.  Acara lainnya yang sangat menarik adalah diskusi kesehatan yang dihadiri oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Bandung, Ibu Nina Manarosana (perwakilan dari Pemkot Bandung), Sekretaris Dinas Kesehatan Jawa Barat, Bpk. Uus Sukmara, serta drg. Oscar Primadi perwakilan dari Kemenkes RI. 

Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, Bpk. Uus Sukmara memberikan sambutan pada
Temu Blogger di Hotel Savoy Homan, Bandung
Pemateri diskusi kesehatan dengan pemateri Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kemenkes RI drg. Oscar Primadi, Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Bandung, Ibu Nina Manarosana, dan
Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, Bpk. Uus Sukmara.
Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kemenkes RI drg. Oscar Primadi memberikan paparannya tentang kampanye GERMAS
Dengan acara ini, diharapkan sosialisasi GERMAS akan lebih maksimal disebarluaskan oleh para blogger melalui dunia maya untuk mewujudkan masyakarat yang lebih sehat. Blogger juga diharapkan ke depannya bisa menjadi ambassador dari Kemenkes RI untuk setiap program kesehatan yang akan dikampanyekan.

Bagikan

Jangan lewatkan

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), Untuk Masa Depan yang lebih sehat
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.