Minggu, 18 Desember 2016

Tanda Tangan Digital dengan SiVION


Sebuah tanda tangan sangat diperlukan sudah dari dulu. Mulai dari membuat KTP, Kartu Keluarga, SIM, sampai membuka rekening di bank memerlukan tanda tangan. Apalagi dalam lingkungan pemerintahan, tanda tangan seolah menjadi elemen utama yang penting dalam mengesahkan sebuah kebijakan atau ketetapan.

Sedari dini juga kita pernah disuruh orang tua untuk latihan membuat tanda tangan yang tidak mudah ditirukan orang lain. Kelak nanti berguna untuk masa depan, nasihat orang tua. Ternyata nasihat ini memang menjadi kenyataan, ketika beranjak remaja dan dewasa tanda tangan diperlukan untuk berbagai keperluan.

Sekarang, di masa era digital, tanda tangan sudah memasuki era tanda tangan digital pula. Karena Kemkominfo tahun 2016 ini mulai menggalakkan tanda tangan digital dengan membuat roadshow sosialisai tanda tangan di 11 Provinsi. Dimulai dari Makasar dan berakhir di Bandung.

Di Bandung sendiri acara ini diselenggarakan tanggal 13 Desember 2016 hari Selasa yang bertempat di Trans Luxury Hotel. Acara ini diselenggarakan atas kerja sama Pemerintah Jawa Barat dan KEMKOMINFO. Di acara ini pula diajak berkenalan dengan SiVION. Apa itu SiVION?

SiVION adalah sistem verifikasi identitas online nasional, sebuah sistem yang nantinya terintegrasi dengan data yang dimiliki pemerintah. Tanda tangan digital ke depannya akan banyak digunakan oleh banyak masyarakat khususnya para pelaku bisnis yang banyak melakukan transaksi elektronik. TTDigital juga sudah dilindungi UU. Undang-undang tersebut adalah UU Nomor 11 Tahun 2018 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE), dan Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik (PP PSTE).

Menurut Pak Aidil Chendramata, Direktur Keamanan Informasi dari SiVION, “Tanda tangan digital sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting, tidak saja bagi lingkungan pemerintahan tapi juga bagi masyarakat.”


Acara ini dihadiri oleh banyak undangan sekitar 1000 orang yang datang terdiri dari mahasiswa, pejabat pemerintahan, pns, blogger, dan pegiat digital. Selain itu, hadir perwakilan Pemprov Jabar, Dr. H. Iwa Karniwa S.E.Ak., M.M.,CA., PIA., selaku Sekretaris Daerah provinsi Jawa Barat yang sangat mendukung sosialisasi TTDigital ini yang nantinya bisa digunakan, terutama di wilayah kerja Pemprov ke depannya.


Perwakilan staf ahli dari Kemeninfo, Ibu Ir. Lis Listari Sutjiati, M.B.A, memaparkan betapa pentingnya TTDigital ini dalam bertransaksi elektronik agar lebih nyaman dan aman karena dilindungi UU. TTDigital juga harus segera direalisasikan karena sudah sangat urgent.


Dampak yang mungkin menjadi positif dari TTDigital bagi pelaku bisnis seperti UMKM dan OL SHOP yang sudah mengenal dan terbiasa memanfaatkan Teknologi, Informasi dan Komunikasi. Mereka pada umumnya memiliki peningkatan penghasilan dari usahanya dengan cukup signifikan.
 

Berikut ini yang menjadi dampak dan manfaat positif TTDigital
  • Bisa menjaga keamanan isi pesan dari yang tidak berhak membacanya
  • Bisa menjamin bahwa pesan masih asli atau belum pernah dimanipulasi selama pengiriman
  • Bisa mengidentifikasi kebenaran pihak-pihak yang berkomunikasi atau pihak-pihak yang berkorespondensi
  • Bisa mencegah identitas yang berkorespondensi untuk melakukan penyangkalan terhadap pesan yang telah dikirimkan.
  • Paperless artinya pengurangan penggunaan kertas yang membuat bumi kita bisa semakin sehat.
Menjelang siang, para peserta beramai-ramai antri untuk verifikasi TTDigital setelah sebelumnya mendaftar secara online. Peserta hanya perlu memberikan ktp asli kepada panitia dari SiVION dengan mencocokkan NIK yang ada dengan data yang sudah didaftarkan sebelumnya.

Setelah itu panitia menjelaskan, bahwa peserta akan menerima email dari Kominfo setelah verifikasi sukses dilakukan. Di dalam email terdapat link yang harus diklik untuk bisa langsung ke sistem data SiVION. Di email juga akan diberikan username dan password untuk bisa login dan mendownload sertifikat digital atas nama pribadi.

Untuk Anda yang ingin mencari informasi yang lebih jelas bisa mengunjungi sivion.id. Di sana lengkap panduan untuk mendapatkan tanda tangan pribadi.  Sudah 11.000 orang di Indonesi memiliki TTDigital, nah sekarang giliran Anda!

Bagikan

Jangan lewatkan

Tanda Tangan Digital dengan SiVION
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.