Sabtu, 08 Oktober 2016

Festival #Ambisiku, Ajang Start Up Anak Bangsa


alt Festival #Ambisiku

Hari Jumat siang itu, sudah banyak berkumpul pelaku-pelaku start up yang tergolong anak muda mandiri bersiap menjual karya-karya dalam suatu festival. Festival itu bernama #Ambisiku yang sedang berlangsung di Trans Studio Mall Bandung dari tanggal 7-9 Oktober 2016, salah satu event yang sedang digalakkan di kota Bandung Juara dalam mendukung pengembangan produk-produk handmade oleh anak-anak muda yang kreatif. Pemerintah kota Bandung sangat mendukung event ini karena dengan ajang inilah produk-produk mereka dikenal banyak orang.

Tri, salah satu provider yang sangat mendukung penuh kegiatan start up anak muda yang kreatif dan inovatif di kota Bandung. Mereka menantang anak muda untuk mempunyai #Ambisiku dengan menyampaikan ide-idenya dalam bidang kewirausahaan. Festival #Ambisiku ini sudah menggelar roadshownya di dua kota lainnya, Yogyakarta dan Makasar. Festival #Ambisiku dimulai tanggal 30 Maret 2016 oleh PT Hutchison 3 Indonesia (H3I) pengelola operator GSM 3 (baca: Tri). Ketiga kota yang dipilih tadi karena memiliki karakter yang berbeda, sehingga Tri Indonesia melalui festival #Ambisiku berusaha mengumpulkan keberagaman ide kreatif dari ketiga kota penting tersebut. 


Festival #Ambisiku di Bandung secara resmi tanggal 7 Oktober 20016 diresmikan oleh Kepala Dinas Koperasi UMKM Provinsi Jawa Barat Dr. Dudi Sudrajat, Kepala Bagian perekonomian Sekda Kota Bandung Lusi Lesminingwati, beserta jajaran Direksi Tri.
  
Ceremony opening festival #Ambisiku
"Bandung merupakan kota kreatif dunia, bahkan keberadaannya diakui UNESCO. Tidak sedikit pengusaha muda yang berasal dari kota Bandung, bahkan dari kota ini  telah lahir para trend setter industri kreatif fashion, kuliner, seni rupa, serta lahirnya merek lokal karya anak bangsa yang mendunia. Dengan adanya Festival #Ambisiku di kota Bandung kami ingin merangkul dan memotivasi lebih banyak lagi anak muda kreatif Bandung dengan menyajikan rangkaian kegiatan inspiratif di Festival #Ambisiku," ujar Randeep Singh Sekhon Presiden Direktur Tri, "Sebelumnya, gerakan perubahan Festival #Ambisiku telah kami wujudkan dalam bentuk kegiatan berbasis digital dan menjangkau 10 juta generasi milenial yang menjadi target dari gerakan perubahan ini. Kami optimis bahwa roadshow ini akan menjangkau lebih banyak lagi anak muda Indonesia yang memiliki ambisi besar namun belum ada kesempatan untuk mewujudkan ambisinya."

Festival #Ambisiku menampilkan deretan produk karya anak bangsa yang telah dipilih dengan selektif berdasarkan kreativitas, terdiri atas 20 merek nasional dan 30 merek lokal produk asesoris, fashion, kuliner dan kerajinan tangan. 

Stand Kuliner Ima Mobs

Stand Produk
Ajang #Ambisiku ini juga terdapat pembelajaran dan berbagi inspirasi melalui kegiatan talkshow bersama Leo Theosabrata, seorang desainer produk dan juga pemilik Indoestri Maker Space yang punya semangat besar untuk mendorong anak muda Indonesia sukses untuk berkreasi dan mencipta (Selfmade), Arief Muhammad (@poconggg), Feby Febiola, serta sederetan nama besar lainnya. Kegiatan lainnya adalah  workshop bersama Simplea Leatherworks dan Kandura Ceramics, serta pentas musik dari para musisi Bandung serta penampilan spesial dari GAC.

Pengisi Acara
“Hadirnya karya anak bangsa baik yang tingkat nasional maupun lokal Bandung di ajang ini diharapkan dapat memberikan inspirasi para muda di Bandung untuk mengembangkan kreatifitas mereka. Bahkan beberapa dari para peserta bazaar adalah pemilik merek lokal yang sudah mendunia,” kata Dolly Susanto Chief Commercial Officer Tri.  

Di samping ada event bacar dari produk-produk lokal, di sini juga ada sesi picthing Kejar #Ambisiku, ajang ide kreatif dan inovatif kewirausahaan, jadi jika mereka dapat terpilih akan mendapatkan dukungan penuh dari Tri, juga berkesempatan menjadi “Bos Bagi Diri Sendiri”. 



Dukungan yang diberikan oleh Tri mulai dari dukungan mentoring, pengembangan dan ikubator hingga implementasi ke pasar. Mereka juga berkesempatan untuk dipromosikan di jaringan Tri yang telah digunakan oleh 56.5 juta pelanggan dan jaringan grup bisnis internasional CK Hutchison Holding. Tahapan dari seleksi Kejar #Ambisiku adalah sebagai berikut:
  1. Para penantang datang langsung ke Parade #Ambisiku di 3 kota, dan menyampaikan ide atau proposalnya di boks #Ambisiku selama 10 menit kepada dewan juri yang disebut The Guardians.
  2. 5 ide atau proposal terbaik akan dipilih, lalu pemilik ide atau proposal terpilih akan berangkat ke Jakarta untuk bertemu dengan The Guardians.
  3. Penantang yang terpilih disebut Bos, akan masuk ke boothcamp atau sesi mentoring dan pembekalan bersama The Guardians untuk bertemu dengan The Angels, dewan direksi Tri.
  4. Para Bos mengajukan proposal yang sudah dikembangkan oleh The Guardians ke para Angels. Mereka harus bisa meyakinkan para Angels bahwa ide mereka adalah yang paling tetap untuk memperoleh dukungan penuh dari Tri.
  5. Para Bos terpilih akan masuk ke tahap inkubator didampingi oleh The Guardians selama 3 bulan untuk dipersiapkan masuk ke pasar.
Mudah-mudahan dengan adanya festival #Ambisiku ini geliat startup kreativitas anak muda Indonesia makin bertambah dan dikenal dunia.

Bagikan

Jangan lewatkan

Festival #Ambisiku, Ajang Start Up Anak Bangsa
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.