Kamis, 01 September 2016

Menggali Pengetahuan Permata di Indo Wisata Permata Bandung

Permata, pastinya sudah tahu salah satu jenis batu mulia yang satu ini. Menjadi favorit banyak orang khususnya, wanita. Siapa wanita yang sanggup menolak jika dihadiahi permata? Pastinya tidak. Sedikit sejarah tentang permata, permata berasal dari bahasa Yunani kuno yang artinya “Tak Terkalahkan”. Permata pertama kali dikenali dan ditambang di India. Dulunya ada sebuah sumber yang ditemukan pada sebuah tulisan pada naskah Sansekerta ( Anguttara Nikaya ). Tulisan tersebut menceritakan juga mengenai ciri utama permata yang kilaunya memancar. Permata berasosiasi dengan membawa nama keTuhanan (Dewa), sebagai lambang dekorasi religius.

Di Indonesia, negara kita tercinta ini, ternyata mempunyai aset tambang permata yang berlimpah. Permata dari Indonesia ini mempunyai keunggulan dibandingkan dari luar negeri dilihat dari karat dan kebersihannya. Karena itulah permata Indonesia merupakan salah satu berlian yang terbaik di dunia. Daerah penghasil utama permata di Indonesia adalah Martapura yang letaknya di Kalimantan Selatan. Permata dari daerah ini sudah banyak diekspor ke luar negeri.

Seperti diketahui permata sebagai batu mulia yang kekerasannya dan ciri-ciri optic dan berlian Indonesia sudah memiliki mutu yang baik. Untuk membuat permata yang lebih berkualitas lagi perlu ditangani oleh pengrajin yang ahli. Sebagian pengrajin berlian sudah ada yang memilikinya tetapi kebanyakan mereka masih menggunakan alat yang manual atau masih seadanya.

Nah, di Bandung, terdapat sebuah tempat pengolahan permata modern pertama di Asia, bahkan mungkin di dunia. Namanya Indo Wisata Permata (Diamond Processing Gallery) yang letaknya di daerah Dago Bandung. Tempat ini juga merupakan wisata edukasi mengenai proses pembuatan permata pertama di Indonesia. Wow, ada berlian di Bandung.


Kalau kamu pengen ke sini dan dapat pengetahuan tentang berlian atau permata bisa banget. Di sana juga ada turnya juga. Namanya Diamond Processing Tour. Harga tiketnya hanya Rp 50.000. Dalam tur ini banyak diberikan info-info keren tentang permata. Pertama kita akan dibawa ke sebuah ruangan yang ada tv plasma dan akan menayangkan sejarah berdirinya IWP dan apa itu permata. Lalu, kita akan melewati lorong-lorong kaca yang bersebelahan dengan ruangan-ruangan proses pengolahan permata. Mulai dari yang masih berbentuk batu kasar, sampai menjelma permata yang cantik dan bikin silau mata.





Setelah kenyang dengan info dengan permata, kita kemudian akan ke ruangan pameran permata yang sudah jadi. Widiih, kaum wanita pasti tambah ngiler dengan banyaknya bentuk permata yang sudah jadi dalam bentuk cincin dan kalung. Kalau mau beli bisa juga kok, di sini sengaja ruangan pameran permata yang bisa diboyong langsung. Mau beliin buat istri tercita, ibu tersayang, atau mau nyari cincin kawin pun ada. Oke kan tempatnya, ayo ajak keluarga ke sini sekalian nambah pengetahuan. Kalau laper tinggal ke café Skylight aja.






Bagikan

Jangan lewatkan

Menggali Pengetahuan Permata di Indo Wisata Permata Bandung
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.