Kamis, 11 Februari 2016

Eksis di Vlog


Demam vlog di youtube sekarang ini sedang menjalar. Sudah banyak yang memanfaatkan youtube sebagai media sosial yang lebih dari sebuah kata atau gambar, melalui gerak dan tingkah laku. Mungkin hal inilah yang menjadi fitur favorit dan disenangi banyak orang. Vlog atau video blog merupakan istilah dari merekam kegiatan sehari-hari yang terkadang bisa membuat lucu, inspiratif atau mungkin sedih yang bisa membuat banyak orang menjadi baper alias kebawa perasaan. Orang yang mengggunakan vlog ini biasa disebut vlongger. Sudah banyak vlongger-vlongger di Indonesia, sebut saja Andovi da lopez, Bayu skak, atau Raditya Dika.

Asal mula vlog sendiri sebenarnya lahir dari sesorang bernama Adam Kontras seorag blogger yang memposting sebuah video bersama dengan entri blognya pada tahun 2000. Di tahun yang sama pada bulan November, blogger Adrian Miles memposting video yang mengubah teks pada gambar diam dan menggunakan kata vlog yang merujuk pada video blog yang ia posting. Sedangkan di tahun 2004, seorang blogger lainnya Steve Garfield meluncurkan video blognya sendiri dan menyatakan bahwa tahun itu adalah tahunnya video blog. Sejak saat itulah mulailah dikenal yang namanya vlog.

alt adam kontras
Sumber: www.adamkontras.com
Popularitas vlog mulai tumbuh pada awal tahun 2005. Yahoo! Videoblogging mengalami peningkatan anggota secara drastis. Pada tahun yang sama, situs video sharing, YouTube lahir. Tidak perlu waktu lama, YouTube mendapat peringkat 5 website yang paling banyak dikunjungi.        

Hebohnya Vlog di Indonesia
Sejak lahirnya narsis, membuat pengguna smafrphone di Indonesia semakin keranjingan untuk foto selfi. Tidak puas denga itu, bukan haya foto tapi selfi video sendiri atau vlog ini pun mulai membanjiri media sosial. Tengok saja channel-channel vlog Indonesia, seperti skinnyindoneia24 punya Andovi da Lopez, Bayu Skak, atau Raditya Dika, sudah banyak penggemar (viewers) dan bahkan sudah berlangganan (subscribe) minimal 100.000 orang.


 

Mereka tidak mau ketinggalan update-update video dari para vlogger tersebut. Selain untuk menunjukkan eksistensi diri, vlog juga bisa dijadikan sarana mencari penghasilan. Google sendiri menyedia fitur yang memungkinkan video yang diupload ke youtube bisa menghasilkan uang. Kita bisa daftar google adsense khusus youtube. Jika sudah terdaftar, siap-siap saja bakal gajian dolar dari google. Tentu saja kita harus mempunyai banyak viewers di setiap video yang diupload.

Nah sudah siap mau jadi vlogger? Siapkan video yang kreatif, inspiratif, dan juga menghibur biar banyak viewers yang datang ke channel kita.

Bagikan

Jangan lewatkan

Eksis di Vlog
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.